Kamis, 24 Maret 2016

Kelebihan dan kekurangan psikoanalisis






Sarah Andreina Jasmine (18513252)
3PA10

Kelebihan psikoanalisis dari freud adalah yang pertama teori-teori freud telah menyadarkan kita tentang dua dorongan dan bagaimana kuatnya pengaruh itu pada kita. Yang kedua freud juga menunjukan betapa besarnya pengaruh keluarga dalam pembentukan jati diri seseorang dari pria ataupun wanita. Yang ketiga freud menjelaskan kenangan trauma yang menjadi penyebab ketidakstabilan jiwa seseorang dan itu harus diperbaiki dan kemudian dia mengeluarkn ide tentang Mekanisme pertahanan diri yang memang harus kita terima karena manusia pada dasarnya mempunyai cara sendiri dalam memanipulasi kenyataan dan ingatannya tentang kenyataan tersebut agar bisa sesuai dan menyenangkan keinginannya. Yang kempat konseling psikoanalisa merupakan penyembuhan yang lebih bersifat psikologis dengan cara-cara fisik. Yang kelima adanya penyesuaian antara teori dengan teknik. Yang keenam dapat membuat klien mengetahui masalah apa yang selama ini tidak disadari klien.

Kekurangan psikoanalisis adalah yang pertama terlalu menekankan kepaa pengalaman kanak-kanak, dan menganggap kehidupan seolah-olah sepenuhnya ditentukan masa lalu. Hal ini memberikan gambaran seolah-olah sepenuhnya tanggung jawab individu sekarang. Yang ke duan terlalu menekankan pada libido, padahal tidak semua hal dapat dijelaskan dengan libido. Yang ketiga tidak semua kenangan masa lalu bisa atau sebaliknya dibawa ke alam sadar. Yang keempat penanganan tidak efektif untuk psikosis atau penyakit menetap dibandingkan dengan masalah-masalah yang terkait denga fobia, histeria dan obsesi. Yang kelima tidak hanya terbatas pada psikoanalisis yaitu setelah sembuh, pasien bisa mengalami masalah lain. Menyadari keterbatasan tersebut, freud merasa bahwa psikoanalisis bisa digunakan bersama-sama dengan terapi lainnya. Akan tetapi, ia berulang kali menekankan bahwa psikoanalisis tidak bisa dipersingkat dan di modifikasi. Yang keenam biaya yang banyak dikeluarkan oleh klien. Yang ketujuh memakan waktu yang sangat lama. Yang kedelapan klien akan menjadi jenuh akibat waktu yang terlalu lama, maka dari itu dibutuhkan terapis  yang bener-benar terlatih untuk melakukan terapi
 


Daftar Pustaka :

Sarwono, Sarlito, W. (2000). Berkenalan dengan aliran-aliran dan tokoh-tokoh psikologi. Edisi ketiga. Jakarta : PT Bulan Bintang.

Feist, Jess & Feist, G. J. (2006). Theories of personality, Sixty ed. Boston : Mc-Graw Hill
Bertens, K. (2006). Psikoanalisis Sigmund freud. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar