A. Kelebihan Teori
Humanistik
Kelebihan humanstik yang pertama adalah selalu
mengedepankan akan hal-hal yang bernuansa demokratis, partisipatif-dialogis dan
humanis.
Yang kedua indikator dari
keberhasilan aplikasi ini adalah siswa merasa senang bergairah, berinisiatif
dalam belajar dan terjadi perubahan pola pikir, perilaku dan sikap atas kemauan
sendiri. Yang ketiga siswa diharapkan menjadi manusia yang bebas, tidak terikat
oleh pendapat orang lain dan mengatur pribadinya sendiri secara bertanggung
jawab tanpa mengurangi hak-hak orang lain atau melanggar aturan, norma,
disiplin atau etika yang berlaku.Yang keempat suasana
pembelajaran yang saling menghargai, adanya kebebasan berpendapat, kebebasan
mengungkapkan gagasan.
Yang kelima keterlibatan
peserta didik dalam berbagai aktivitas di sekolah, dan lebih-lebih adalah
kemampuan hidup bersama (komunal-bermasyarakat) diantara peserta didik yang
tentunya mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Yang enam dalam
pembelajaran pada teori ini, siswa dituntut untuk berusaha agar lambat laun
mampumencapai aktualisasi diri dengan
sebaik-baiknya
B. Kekurangan
Teori Humanistik
Kekurangannya humanistik yang pertama adalah teori humanistik tidak bisa diuji
dengan mudah.
Yang kedua banyak konsep
dalam psikologi humanistik, seperti misalnya orang yang telah berhasil mengaktualisasikan
dirinya, ini masih buram dan subjektif. Yang
ketiga psikologi humanistik mengalami pembiasan terhadap nilai
individualistis. Yang keempat siswa
yang tidak mau memahami potensi dirinya akan ketinggalan dalam proses belajar. Yang
kelima siswa yang tidak aktif dan malas belajar akan merugikan diri sendiri
dalam proses belajar. Yang keenam proses
belajar tidak akan berhasil jika tidak ada motivasi dan lingkungan yang mendukung.
Yang ke tujuh sulit diterapkan dalam konteks yang lebih praktis. Yang kedelapan
Peserta didik kesulitan dalam mengenal diri dan potensi-potensi yang ada pada
diri mereka.
DAFTAR
PUSTAKA
Feist, Jess & Feist, G. J. (2006). Theories of personality, Sixty ed.
Boston : Mc-Graw Hill
Corey, Gerald.
(2011). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung : Refika
Sugihartono. (2006). Psikologi
Pendidikan.Yoyakarta: FIP UNY.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar