Jumat, 18 November 2016

TAHAPAN ANALISIS & TAHAPAN PERANCANGAN


A.    TAHAPAN ANALISIS


1.      Identifikasi Masalah

Perkembangan sistem informasi yang semula berbasis client-server lalu menjadi berbasis web yang diproses di sisi client, telah melahirkan sikap pemerimaan dan penolakan dari user dalam proses penggunaannya.Sistem informasi yang penggunaannya relative diterima oleh pengguna (pelanggan) akan meningkatkan nilai layanan yang diberikan institusi di mata pelanggan. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana sikap dan perilaku yang dirasakan user terhadap sistem informasi yang digunakan. Sebagai contoh yaitu perilaku pengguna (user) terhadap penggunaan Sistem Informasi layanan akademik berbasis web di perguruan tinggi
2.      Analisis Masalah
Kecenderungan terjadinya End User Computing telah menimbulkan reaksi yang berbeda-beda dalam sikap dan perilaku pengguna sistem informasi. Perasaan menerima atau menolak muncul menjadi dimensi sikap terhadap penggunaan sistem informasi. Selain sikap, diketahui ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku user terhadap penggunaan sistem informasi.
Pada perkembangan terkini, web tidak hanya digunakan untuk mengakses halaman web (web page) saja. Namun juga digunakan sebagai sistem informasi yang terkoneksi dengan database yang sifatnya transaksional. Model TAM (Technology Acceptance Model) digunakan untuk melihat faktor-faktor utama dari perilaku pengguna terhadap penerimaan pengguna teknologi, serta bagaimana reaksi dan persepsi seseorang  terhadap suatu hal dan menentukan sikap dan perilaku orang tersebut.


3.      Analisis Kebutuhan

Tahap ini user mempelajari sistem informasi yang semula berbasis client-server menjadi berbasis web yang diproses di sisi client, telah melahirkan sikap penerimaan atau penolakan dari user dalam proses penggunaannya.   
Dalam kerangka manajemen hubungan pelanggan, sistem informasi yang penggunaannya relatif diterima oleh pengguna (pelanggan) akan meningkatkan nilai layanan yang diberikan institusi di mata pelanggannya. Oleh karenanya perlu diketahui bagaimana sikap dan perilaku yang dirasakan user terhadap sistem informasi yang digunakan.  Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran yang mengadopsi model Technology Acceptance Model (TAM). Uji statistik dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) pada perangkat lunak Lisrel v8.30 dilakukan untuk menguji hipotesa yang diajukan.  
Penelitian ini menggunakan 5 (lima) konstruk yang telah dimodifikasi dari model penelitian TAM sebelumnya yaitu: Persepsi tentang kemudahan penggunaan (Perceived Ease Of Use), persepsi terhadap kemanfaatan (Perceived Usefulness), sikap penggunaan (Attitude Toward Using), perilaku untuk tetap menggunakan (Behavioral Intention To Use), dan kondisi nyata penggunaan sistem (Actual System Usage). 





B.     TAHAPAN PERANCANGAN

1.      Struktur Navigasi
Penelitian ini menggunakan konstruk eksogenous (exogenous constructs)  dan konstruk endogen (endogenous constructs) 











2.      Interface
Desain antarmuka merukan desain yang dirancang berdasarkan antarmuka user dengan penggunaan sistem informasi yang berbasis client-server menjadi berbasis web yang diproses di sisi client . Antarmuka yang digunakan yaitu konstruk eksogenous (exogenous constructs)  dan konstruk endogen (endogenous constructs) 
 Konstruk eksogenous (exogenous constructs) ini dikenal sebagai sources variables atau independen variabel yang tidak diprediksi oleh variabel yang lain dalam model. Pada penelitian ini konstruk eksogenous meliputi  Perceived Ease of Use (PEOU) yaitu suatu tingkatan dimana seseorang percaya bahwa sebuah teknologi dapat dengan mudah digunakan. 
Konstruk endogen (endogenous constructs)  Adalah faktor-faktor yang diprediksi oleh satu atau beberapa konstruk. Konstruk endogen dapat memprediksi satu atau beberapa konstruk endogen lainnya, tetapi konstruk endogen hanya dapat berhubungan kausal dengan konstruk endogen. Pada penelitian ini konstruk endogen meliputi Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATU), Behavioral Intention To Use (ITU) dan Actual System Usage (ASU). 




DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar