1.
Public Relation
Identitas Jabatan
|
||
Nama Jabatan
|
:
|
Public Relation
(Specialist / Manager)
|
Departemen
|
:
|
Corporate
Communications / Corporate Secretary
|
Atasan langsung
|
:
|
Corporate
Communications / Corporate Secretary(Head / Division Head)
|
Bawahan langsung
|
:
|
Tujuan Jabatan
|
1. Bertanggungjawab
terhadap berjalannya alur komunikasi dari manajemen dengan stakeholder baik
karyawan maupun pihak-pihak yang berkepentingan di luar perusahaan.
2. Bertanggungjawab dalam menyampaikan informasi tentang kebijakan terkini yang dikeluarkan oleh manajemen melalui saluran dan media komunikasi yang ada. 3. Bertanggung jawab terhadap tersedianya sarana komunikasi dan saluran komunikasi internal yang dapat digunakan dalam penyampaian informasi secara internal, baik itu kebijakan maupun info-info terkini yang terjadi di dalam perusahaan. |
Tanggung Jawab Utama
|
- Mengelola dan
mengembangkan media komunikasi internal dan eksternal perusahaan seperti
majalah, bulletin, portal/intranet, situs perusahaan, laporan pemegang saham
dan lain-lain untuk membina citra dan komunikasi perusahaan di mata karyawan
dan stakeholder di luar perusahaan.
- Menanggapi
permintaan informasi dari media lain atau menunjuk juru bicara yang tepat
atau sumber informasi.
- Memantau
penerapan sistem dan prosedur komunikasi perusahaan, serta melakukan
perbaikan dan pengembangan yang diperlukan sesuai perkembangan yang ada demi
kepentingan perusahaan.
- Melakukan
kegiatan sosialisasi, dan kampanye-kampanye atas kebijakan-kebijakan
manajemen perusahaan sehingga tujuan komunikasi dapat tersampaikan dengan
baik.
- Memelihara hubungan dengan wakil-wakil komunitas, konsumen kunci, karyawan, dan kelompok kepentingan umum yang dianggap penting untuk menjaga jalur komunikasi untuk tujuan citra positif perusahaan.
- Melakukan
pemantauan atas media masa atas informasi dan pemberitaan perusahaan yang ada
serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memberikan informasi
yang benar serta perbaikan citra perusahaan.
- Melakukan koordinasi dengan manajer unit kerja lain, serta dengan biro iklan untuk mengatur program kampanye promosi di semua jenis media untuk pencitraan positif perusahaan serta promosi produk/jasa perusahaan. |
2.
Recruitment Staff
Identitas Jabatan
|
||
Nama Jabatan
|
:
|
Recruitment Staff
|
Departemen
|
:
|
Human Resources
|
Atasan langsung
|
:
|
Recruitment
Supervisor
|
Bawahan langsung
|
:
|
-
|
Tujuan Jabatan
|
Melakukan
pelaksanaan proses perekrutan pegawai dan penempatannya diperusahaan,
sehingga mendapatkan pegawai dangan keahlian, kemampuan & kompetensi yang
tepat agar bisnis perusahaan dapat berjalan sesuai dengan target yang
diharapkan.
|
Tanggung Jawab Utama
|
||||||||||||||||||||||||
|
3.
Research dan Development
Tujuan Jabatan
|
pekerjaan yang ada pada
perusahaan yang digunakan untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk
yang akan di pasarkan ke konsumen, tergantung pada bidang industrinya,
misalnya untuk Gadget yang dikeluarkan oleh perusahaan Korea untuk produk
Samsung, atau Perusahaan Amerika yang mengeluarkan produk Iphone. Dalam
researchnya tentu memperhatikan banyak aspek, berkaitan dengan perilaku,
tentunya yang memiliki kompetensi ini salah satuny adalah lulusan Psikologi,
oleh karena itu dalam research untuk pengembangan produknya misalnya adalah,
bagaimana perilaku konsumen Eropa dalam memegang Gadget, Asia bagaimana,
kemudian bagaimana perilaku konsumen dalam menyimpan, menggunakan atau
misalnya desain yang bagaimana yang dianggap konsumen memiliki nilai wah, dan
ini karena pemasarannya global, oleh karena itu harus diperhatikan aspek
detail dan diwujudkan dalam produk yang harapannnya tidak ada resistensi dari
konsumen dan dapat diterima semua kalangan.
|
Tanggung Jawab Utama
|
- Bagian Research & Development
(R&D) di suatu perusahaan bertanggung jawab untuk segala aktivitas riset
dan pengembangan di perusahaan tersebut. Bagian R&D juga bertanggung
jawab untuk memastikan kualitas performansi dalam perusahaan sesuai dengan
standar yang telah ditetapkan perusahaan.
- Bagian
R&D biasanya bertanggung jawab mengelola sejumlah dana tertentu yang
telah dianggarkan perusahaan untuk riset dan pengembangan. R&D melakukan
test dan tak jarang membuat alat test sendiri dan terus mengembangkan
teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan.
- R&D
juga adalah bagian yang dihubungi apabila pihak luar hendak melakukan
kerjasama dengan perusahaan berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa untuk
aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar